Penerimaan Taruna AKMIL dan Tips Masuk AKMIL 2017

PENERIMAAN TARUNA AKMIL

Informasi Penerimaan Taruna Akmil dan Pendaftaran Taruna Akmil, setelah pada waktu yang lalu saya menuliskan artikel Tips Masuk Taruna Akmil, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Penerimaan Taruna Akmil yang saya rasa perlu saya bahas sebagai kelanjutan blog Taruna Akademi. Banyak sekali anggapan bahwa menjadi seorang tentara atau polisi perlu memiliki uang yang banyak, karena jika tidak memiliki uang, maka anda 100% anda tidak akan lolos seleksi Penerimaan Taruna Akmil. Teramat disayangkan jika anda beranggapan demikian, dan saya mohon mulai dari sekarang anda perlu menghapus pemikiran seperti itu. Yang perlu anda sadari adalah kemampuan dan seberapa besar niat anda untuk menjadi seorang tentara yang benar benar kuat secara mental dan fisik. Untuk membahasa hal seperti diatas, ikuti tulisan ini sampai anda selesai membaca dan dapat menyimpulkan sendiri bahwa sesiap apa diri anda sekarang, sehingga anda layak dan pantas untuk diterima di Akademi Militer melewati proses demi proses penerimaaan Taruna Akmil.

SADARKAN DIRI ANDA

Sadar dan paham seberapa pantas anda untuk masuk dari 250 orang kuota Penerimaan Taruna Akmil per tahunnya yang dapat masuk ke Akademi Militer, sadarkan diri anda dan siapkan itu semua dengan sebaik baiknya. Jika ada masalah dengan fisik segeralah melakukan konsultasi dengan orang orang yang sudah pernah masuk Akmil atau orang orang yang gagal masuk Akmil dan berhasil pada tahun berikutnya. Cari tau lebih lanjut tentang syarat fisik untuk masuk Akmil melalui web resmi Akmil atau anda bisa tanyakan langsung ke KODAM, KOREM atau KODIM setempat, sehingga anda tahu betul kekurangan anda dan tahu betul dengan cara apa anda bisa memperbaikinya. Ambil saja contoh jika gigi anda berlubang, anda bisa menambalnya terlebih dahulu atau bisa anda cabut sebelum anda melakukan test kesahatan pada saat seleksi Akmil. Yang fatal adalah jika tinggi badan anda tidak sesuai dengan syarat yang ditentukan panitia penyeleksian Akmil, dengan contoh: jika tinggi badan anda 160 Cm sedangkan syarat minimal adalah 165 Cm maka sudah dipastikan anda gagal untuk masuk Akademi Militer.

SILAHKAN SIMAK ARTIKEL SYARAT MASUK AKMIL PADA LINK BERIKUT SYARAT MASUK AKMIL.

Selain fisik, kesehatan juga perlu dan harus sangat diperhatikan, lakukan pemeriksaan secara mandiri (pribadi) ke rumah sakit yang biasa atau bekerja sama dengan TNI-AD, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan anda tahu betul seberapa sehat diri anda. Namun bagaimana dengan kami yang tidak mempunyai uang untuk melakukan pemeriksaan secara pribadi ke rumah sakit? Yakinkan diri anda sehat, jauhi kegiatan kegiatan yang dapat menimbulkan kesahatan anda terganggu, mulailah berolah raga ringan secara rutin, seperti jogging, push-up, sit-up, dan pull-up dan sesekali renang dengan gaya katak dikolam renang prestasi. Dengan tubuh yang terbiasa melakukan hal hal diatas, maka tubuh akan terasa sehat dan badan kalian akan terasa lebih segar. Jauhi begadang, mulailah tidur secara teratur 8 jam setiap harinya. Banyaklah minum air putih. Tetapi untuk lebih yakin dan mantap, lakukanlah medical check up untuk mengetahui kesehatan tubuh anda, sehingga pada saat seleksi nanti anda akan lebih siap.

Penerimaan Taruna Akmil
Penerimaan Taruna Akmil

KUATKAN MENTAL DAN FISIK ANDA

Kuatkan mental dan fisik anda, siapkan mental anda bahwa anda adalah seorang yang dilahirkan untuk menjadi seorang tentara  untuk membela negara di garda paling depan. Jika anda ingin masuk ke Akademi Militer dengan tujuan selain daripada diatas, maka urungkanlah niat anda menjadi seorang tentara, ketahuilah bahwa jika anda ingin kaya dengan memilih berkarir di militer, saya bisa pastikan cita cita anda sia sia belaka.


Jagalah kondisi kesehatan anda, kurangi kegiatan kegiatan yang tidak mengandung banyak manfaat, jaga tidur anda minimal 6 jam sehari atau bagusnya 8 jam satu hari, agar tekanan darah anda normal dan paru paru anda sehat, karena pengaruh begadang dan keluar malam dapat menyebabkan paru paru anda bermasalah.

LATIHAN FISIK

Lakukan latihan fisik secara berkala, push-up dilakukan 50 kali dalam satu menit, sit-up dapat dilakukan sebanyak 45 kali dalam satu menit, pull-up dilakukan 10 kali atau 12 kali dalam satu menit. Jangan lupa untuk melatih stamina anda dengan berlari, latihlah otot dan stamina anda dengan berlari sejauh 7 kali lapangan sepakbola dalam waktu kurang dari 12 menit, dengan begitu stamina anda akan tetap terjaga. Lalu lakukan berenang satu minggu atau dua minggu sekali dengan pilihan kolam renang prestasi, lakukan gaya katak dua kali bolak balik kolam prestasi, karena berenang merupakan salah satu syarat masuk Akmil dalam Penerimaan Taruna Akmil yang akan diseleksi tiap tiap daerah.

CARI INFORMASI SEBANYAK BANYAKNYA

Carilah informasi sebanyak banyak yang dapat menambah wawasan anda, anda dapat memulai dengan membuka di wikipedia atau di blog blog lain, atau bahkan datang sendiri ke KODAM, KOREM, KODIM, atau KORAMIL terdekat, kalian bisa menanyakan segala hal disana, mulai dari persiapan sampai tips tips yang dapat kalian peroleh sendiri dilapangan. Sekian Informasi mengenai Penerimaan Taruna Akmil yang dapat saya sampaikan kepada pembaca sekalian, jika artikel ini bermanfaat silahkan kalian share kepada yang membutuhkan. Semangat!

Related Posts

Load comments

Comments